Minggu, 04 November 2012

Mengelola Ruang Kelas dan Perabotnya

Meja Kursi Siswa

Perabot kelas adalah segala sesuatu perlengkapan yang harus ada dan diperlukan di kelas guna menunjang proses kegiatan pembelajaran. Ahmad (2004:19) menyatakan “perabot kelas adalah segala sesuatu perlengkapan yang harus ada dan diperlukan kelas” Menurut Djauzak Ahmad (2004:20) perabot kelas meliputi :
1. Papan Tulis
Papan tulis harus cukup besar dan permukaan dasarnya harus rata.Warna dasar papan tulis yang mulai menipis atau belang harus segera di cat ulang. Papan tulis harus ditempatkan di depan dancukup cahaya. Penempatannya tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah, sehingga siswa yang duduk dibelakang masih melihat atau membaca tulisan yang paling bawah
2. Meja kursi Guru
Meja kursi guru ukurannya disesuaikan dengan standart yang ada, meja guru berlaci dan ada kuncinya, meja kursi guru ditempatkan di tempat strategis, misalnya di kanan atau di kiri papan tulis, supaya tidak menghalangi pandangan siswa ke papan tulis.
3. Meja kursi Siswa
Meja kursi siswa ditata sedemikian rupa sehinggga dapat menciptakan kondisi kelas yang menyenangkan, ukuran mejadan kursi disesuaikan dengan ukuran badan siswa dan dilengkapi dengan tempat tas atau buku.
4. Lemari Kelas
Lemari kelas dapat ditempatkan di samping papan tulis atau sebelah kiri atau kanan dinding bisa juga diletakkan di sebelah meja guru.
5. Jadwal Pelajaran
Jadwal pelajaran ditempatkan di tempat yang mudah dilihat.
6. Papan Absensi
Papan absensi ditempatkan di sebelah papan tulis atau di dinding samping kelas. Guru juga harus memiliki catatan daftar hadir siswa di buku khusus, karena daftar hadir di papan diganti setiap hari sesuai keadaan.
7. Daftar Piket kelas
Daftar piket kelas ditempatkan di samping papan absensi.
8. Kalender Pendidikan
Kalender pendidikan ditempel pada tempat yang mudah dilihat.
9. Gambar-Gambar
Gambar Presiden, Wakil Presiden, dan lambang burung Garuda Pancasila ditempatkan di depan kelas di atas papan tulis, posisi penempatannya disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.
10. Tempat Cuci Tangan dan Lap Tangan
Tempat cuci tangan dan lap tangan diletakkan di depan kelas dekat pintu masuk.
11. Tempat sampah
Tempat sampah diletakkan di sudut kelas. Besar kecilnya tempat sampah disesuaikan dengan kebutuhan.
Kelas merupakan taman belajar bagi siswa dan menjadi tempat mereka, bertumbuh dan berkembang baik secara fisik, intelektual maupun emosional. Oleh karena itu kelas harus dikelola sedemikian rupa sehingga benar-benar merupakan taman belajar yang menyenangkan. Syarat-syarat kelas yang baik adalah:
  1. Rapi, bersih, sehat, tidak lembab,
  2. Cukup cahaya yang meneranginya,
  3. Sirkulasi udara cukup,
  4. Perabot dalam keadaan baik,cukup jumlahnya dan ditata dengan rapi, dan
  5. Jumlah siswa tidak lebih dari 40 orang.

Referensi :
Ahmad Rohani , HM. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Rineka Cipta
Tim Dosen Pk. 2010. Pengelolaan Pendidikan. Tasikmalaya: UPI Kampus Tasikmalaya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar